kenapa harus sekolah….!!!!!!!

 

photo me / mcftmrtshn
tool Canon Digital Semi Professional Camera / adobe photoshop Cs3
place Tugu Khatulistiwa Pontianak Kalimantan Barat
Year 2009
see more gall here
 

                        ——————————–

“the true purpose of education is to make minds, not careers” , (William Deresiewich)

                        ——————————-

 
 

Suatu siang ketika saya sedang berjalan ke daerah tugu khatulistiwa pontianak, tentu saja saya berniat ingin sedikit refresing sambil mengambil gambar untuk koleksi human interest saya, saya memarkir motor tepat di depan tugu khatulistiwa, setelah puas jeprat jepret dengan kamera saya dan akan pulang, seorang anak menghampiri saya, “om parkirnya om”, pinta seorang anak kecil, dan saya menjawab “iya iya…..ehg kamu nggak sekolah?? jam segini kan harusnya kamu sekolah” tanya saya heran , dia hanya tersenyum dan dengan suara kecilnya berkata “enggak” , terpandang orang tuanya yang bekerja sebagai penjual makanan dan minuman, terpikir heran oleh saya, apa benar itu orang tua nih anak enggak mampu nyekolahin anak anak ini., atau anak anak ini memang tidak pernah di didik untuk punya cita cita sehingga sudah tertanam di benaknya kalau sekolah itu cuman membuang waktu saja

ini untuk kesekian kalinya saya bertanya pada anak anak yang tinggal di sup urban yang ternyata mereka memang tidak mengenyam bangku pendidikan…bla…bla…bla…. itulah rupanya gambaran minor kehidupan anak anak di sekitar kita yang masih tidak dapat merasakan bagai mana kah hak yang seharusnya mereka dapatkan

satu pertanyaan, “punyakah mereka cita cita?” masih adakah tertanam di benak mereka bahwa suatu saat saya akan menjadi sebuah kebanggaan? trus apakah impian tersebut akan terbentur sekali lagi oleh kondisi ekonomi?, trus seberapa sadar kan orang tua mereka tentang masa depan anak anaknya? anak anak indonesia

sudah cukuplah masyarakat kita termarjinalkan globalisasi, sudah cukuplah elit politik yang meng eksploitasi masyarakat miskin sebagai komoditi kampanye politik mereka, minimal mereka sebagai anak indonesia punya harga diri yaitu harga diri sebagai individu yang terdidik dan pernah mengenyam bangku pendidikan, hal yang membuat mereka paling tidak mempunyai strata yang nanti sangat membedakan mereka sendiri dalam kehidupan sosialnya

pendidikan adalah faktor penentu kemajuan sebuah generasi, pendidikan yang menjadi penentu kemajuan negara ini…bukan si A atau B atau C yang kita coblos waktu pemilu, karena setiap anak negara harus dan wajib punya cita cita dan ikut andil dalam suatu pembangunan

mungkin masyarakat kita belum banyak yang terlalu sadar tentang pentingnya suatu pendidikan dasar bagi generasi penerus, merupakan pe er pemerintah untuk lebih menggiatkan kesadaran berpendidikan bagi masyarakatnya, dan tugas buat mereka agar dapat memperhatikan bagaimana caranya agar pendidikan itu bisa merata dan di nikmati setiap anak negara ini

karena setiap orang harus punya cita cita

mcftmrtshn (2009), photograph by : me / mortishen.deviantart.com

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

