call him Tony, gold man from San Jose

“Tony sly, you wrote some solid songs. When we were just starting out, you generously let us crash your hotel floor. Stay gold man. Godspeed.” (the ataris) / “One of my dearest friends and favorite song writers has gone way too soon. Tony, you will be greatly missed. (Fat Mike)

————————————————————-

 

 

photo : thepunksite

Tony Sly merupakan salah satu asset dalam perkembangan post punk/punk rock/skate rock dekade 90an hingga era 2000an, meski bukan seorang big fans, atau penggemar berat tetapi saya tetap mengapresiasi No Use For A Name sebagai salah satu band punk rock yang terbaik. Beberapa track sering menemani ruang dengar saya, meski tak sesering track – tracknya mxpx, greenday era 90an, new found glory atau dropkick murphys, dan tentunya berita yang saya dapat pada awal bulan agustus 2012 itu cukup mengagetkan saya, Tony sly meninggal dunia!, ya Tony Sly…..yang biasa saya dengar track dumb reminder dan sebuah cover “redemption song” nya pakai headphone sambil naik motor matic saya mengelilingi jalan – jalan kota Pontianak.

Menggantikan John Meyer, di tahun 1989 Tony mengambil alih posisi Vokalis, tepat 2 tahun dari berdirinya band San Jose tersebut, dan selanjutnya menjadi ikon utama dari no use for a name karena band ini cukup sering gonta – ganti personel, dan Nufan sendiri merupakan salah satu band tersukses dari label fat wreck chord dan hampir semua album nufan merupakan rilisan dari label itu semenjak bergabungnya dengan labelnya Fat Mike itu pada 1993, dan ini yang menjadi nufan merupakan band punk rock komersil yang menggunakan rilisan indie, tidak begitu gampang untuk sebuah band punk yang menjadi idola para punk rocker dan teenlite untuk tidak tergiur dengan godaan label besar yang mainstream, setidaknya hal inilah yang membuat nufan lebih jujur dalam memproduksi musik.

Sebuah interview menarik dengan Tony oleh Dustin Blumhagen,   menggambarkan pendapat seorang musisi punk rock era 90an mengenai Fat wreck dan Epitaph, di mana Epitaph bukan lagi sebuah label yang nyaman lagi untuk band – band punk, karena difersifikasinya membuat banyak musisi emo dan screamo yang yang di tetaskan oleh label yang besar dengan identitas lawas punk rocknya itu,  Tony menambahkan berbeda dengan Fat wreck, yang lebih loyal menaungi band – band punk rock, dan tentunya perkembangan musik indie yang justru di nilai membingungkan para pendengar, di mana adanya myspace dan facebook membuat era di mana membuat dan mendistribusikan band menjadi lebih gampang, hell yeah

Everybody is handing you their demo calling it a record just because they made some pretty album art on their computer. That’s not a record, that’s just a really nice looking demo. You have to work to make a record. You have to be good to make a record. You have to be recognized for your talent for someone to want you on their label. That’s what Fat Mike is like. You never hear the word demo anymore. That’s not a record.”

Saya cukup mengamini apa yang Tony keluhkan, dan gak gampang membuat punk rock menjadi punk rock lagi sama seperti saat mereka pertama kali masuk studio di akhir 80an, di mana harga diri punk rock terjabarkan lebih umum, tidak ada lagi sekat – sekat skena dan mainstream di mana – mana kita bisa menemukan metalhead dan riot girl eksis, di mana skate rock di dominasi band band disco punk dengan, sebuah generasi yang menterjemahkan skate rock itu dengan sampling dan Synthesizer sehingga Kepergian Tony sendiri membuat nufan harus ekstra keras mempertahankan karakter musiknya, dan sangat di sayangkan yang pergi itu merupakan ikon, baik karakter vokalnya sampai konsep band tersebut, dan nufan itu sendiri terkenal dengan personilnya yang gonta – ganti.

yeeeah setidaknya fans mengharapkan bukan perbedaan tajam konsep yang yang di dengar di track – track nufan di era vokalis baru, dan tentunya buah pemikiran Tony dengan Punk dan Fat Wrecknya masih bisa di sandang nufan pasca vokalis yang baru, bukanya malah menggadaikan diri kepada label besar dengan seabrek feedback yang menggiurkan, industrial biarlah menjadi indusitrialisi karena saya sudah cukup senang dengan nufan yang sekarang, so keep it damn right sure!, so rest in peace folks, you will be remembered.!

========================================================

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: