ICP cover house of pain track : The gift from early month!

Tak ada yang spesial di awal maret tapi ada yang menarik di awal februari lalu, memang luput dari postingan bulan lalu, tapi tak apalah toh bukan berita baik, karna sekali lagi awal tahun tak terasa telah termakan waktu begitu cepatnya, pasca meninggalnya ibu dari teman saya yang kami tunggui berhari-hari di rumah sakit, dan pada akhirnya beliau harus menyerah dengan leukemia yang deritanya, sangat di sayangkan awal tahun saya lagi-lagi punya titik hitam, sama seperti tahun lalu di periode yang sama saya harus di paksa berhenti kerja.

*****

icpDan di awal bulan februari kemarin ada yang sedikit menggembirakan pula bagi ruang dengar saya, mungkin saya adalah salah satu fans yang sangat teramat ingin melihat 2 band hip hop yang berbeda genre untuk berkolaborasi, walau itu tidaklah sangat mungkin mengingat everlast dan rekan sudah terlebih dulu bubar untuk saya mimpikan berkolaborasi dengan violence J dan shaggy 2 dope, ya benar saya ingin sekali melihat mereka melakukan jamming season atau setidaknya garapan bersama, meski dua-duanya punya karakter musik yang sangat jauh.

Insane clown posse (ICP) mungkin bukan band hip hop kebanyakan, mengusung horror core , lebih tepat sebagai band spesialis musik dengan tema-tema tak lazim yang biasa jadi tema-tema film-film horror  seperti pembunuhan (psikopat), zombie, urban legend, paranoid, sakit jiwa dan lain. Saya tak tau banyak tentang hip hop di pelosok dunia, tapi untuk saat ini mereka adalah salah satu band hip hop yang pakai make up badut dan juga punya profesi lain sebagai pemain gulat, bagi yang sering mengamati pertandingan gulat era wwf atau wcw mungkin sering melihat mereka di atas ring gulat dengan nama (tag team) dark carnival, dan berkolaborasi dengan beberapa pegulat professional lainya, seperti vampiro dan the oddities, sungguh hal yang tak lazim bagi band hip hop umumnya.

Sedangkan house of pain sendiri merupakan band irish hip hop kebanyakan, sama seperti hip hophead awal 90an, dari sekian banyak band-band hip hop yang ada bagi saya house of pain merupakan satu yang menarik, dua MC dan  satu DJ, menurut saya tak banyak penerus generasi run DMC di era 80an dan house of pain merupakan salah satu yang punya karakter lebih dekat dengan run DMC.

ICP dan house of pain sama-sama berdekatan dan sangat identik dengan musisi rock, baik berkolaborasi ataupun sekedar menginspirasi, ICP sendiri pernah menjadi pengisi acara talk show di mana Slipknot pertama kali muncul, selain mereka juga menjadi salah satu pengisi Woodstock 99 (dan di sinilah untuk pertama kalinya saya melihat penampilan mereka), Woodstock 99 merupakan seri woodstock di mana genre hip metal masih merajai industri musik, dan banyak pengamat musik yang mengatakan Woodstock 99 memang di buat  lahir untuk fans hip metal, mengingat banyaknya band sejenis yang manggung, sedangkan house of pain sendiri menjadi salah satu band hip hop yang mempengaruhi lahirnya genre hip metal, mengingat di kemudian hari DJ leathal bergabung dengan Limp Bizkit, dan limp bizkit sedikit banyak terpengaruh oleh house of pain itu sendiri.

Mungkin untuk melihat mereka berkolaborasi bisa di bilang mustahil, house of pain sudah bubar meninggalkan track-track yang masih berputar di benak para hiphophead, sedangkan ICP masih merilis album, saya tak begitu merespon band ini pasca mereka melakukan blunder buruk di beberapa album di era 2000an, mungkin saya lebih suka track-track lama mereka, seperti great milenko, boogie woogie dan chickin huntin, karena ada kalanya saking produktifnya sebuah band, entah itu untuk kepentingan komersil atau hanya sekedar eksistensi bisa jadi malah membuat track-track yang buruk, semakin sering band itu merilis track, semakin luntur idealisme mereka dalam bermusik, sehingga mengikis ide-ide yang seharusnya gemilang dan menggantinya dengan selera pasar.

Kesimpulanya, mereka memang sangat di mustahilkan untuk berkolaborasi, meskipun mungkin  di suatu saat itu bisa jadi mungkin-mungkin saja, sampai akhirnya saya  melihat insane clown posse mengcover track “jump arraund” dari house of pain merupakan sebuah obat tersendiri yang sedikit menawarkan keinginan saya melihat 2 band idola untuk berpadu, dan beruntungnya saya adalah salah satu orang pertama yang yang menyimak postingan cover tersebut secara perdana di youtube, yah setidaknya tidak berkolaborasi, mengcover lagu juga bukan hal buruk

Mungkin anda juga mungkin penikmat salah satu dari mereka, atau mungkin dua-duanya, silahkan cek video ICP yang mengcover jump arraundnya house of pain di sini, lets get beat fellas! And the last February and this not to bad!

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

2 Komentar

  1. Selera musikmu bener-bener anti mainstream! 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

