@triomacan2000, dan sebuah dongeng politik

TrioMacan2000

Dalam perjalanan kereta saya dari surakarta menuju ke surabaya, saya duduk di samping seorang paruh baya, di usianya yang mungkin di atas 30 tahun, bapak yang satu ini punya gaya yang cukup kasual dengan celana jeans dan kaos oblongnya, hal yang menarik adalah selama perjalanan dia tidak lepas dengan handphonenya, saya tau dia sedang surfing di internet, sesaat saya sedikit menjeling, oh ternyata dia main twitter, so yang menarik dia begitu serius. Saya melihat cukup jelas apa yang sedang di ikutinya di twitter, sebuah akun twitter anonim yaitu @triomacan2000

@triomacan20000..? mungkin sangat banyak yang tau, akun yang sering membuzzing beberapa threat yang “konon” katanya membawa berita kebenaran atau fakta, so kalau anda bertanya kepada saya, “apakah saya suka membaca twit mereka..?, saya jawab “ya!” tapi jika anda bertanya apakah saya percaya apakah saya percaya setiap twit yang ada..?” jawabanya ‘tidak”!.

Twit mereka memang seru, tetapi sama serunya dengan mendengar kisah dongeng tentang monster loch ness, jack de ripper di mana kita di bawa mencoba menerka-nerka siapa di balik mantel tebal pembunuh sadis tersebut.

Saya sepakat kalau ada yang mengatakan mereka para admin akun tersebut mampu memainkan sisi psikologi audiens yang membaca dengan seolah menjadi pahlawan yang memberi tau kalau dalam kereta yang kita tumpangi di pasang bom oleh masinisnya.

Mereka cerdas memainkan pointer-pointer elemen-elemen politis yang di rangkai secara seksama untuk menjadi sebuah opini atau kisah yang di lemparkan kepada masyarakat awam, logika kita sederhana, orang yang membawakan informasi banyak di anggap selalu benar padahal tidak . Jadi  ketika @triomacan2000 berbicara banyak soal hukum, politik, dan mengenal banyak tokoh dan pejabat, maka tak heran kalau kebanyakan masyarakat awam menganggap bahwa mereka tau banyak informasi penting, dan semua itu di anggap sebagai sebuah “fakta” padahal itu salah.

dan masalahnya rata-rata masyarakat dan netizen di negara ini masih banyak yang kurang kritis dalam mengkonsumsi pemberitaan dunia maya sehingga apa yang di baca di telan mentah-mentah tanpa ada filterisasi terlebih dahulu.

Korupsi merupakan tema paling populis dalam dunia permediaan di negara ini, di mana setiap berita korupsi mendapat rating yang baik. Banyaknya pejabat tersandung kasus korupsi membuat masyarakat indonesia di bentuk untuk punya sikap apathy terhadap setiap gerak-gerik tokoh politik, sehingga sosok mata masyarakat terhadap setiap progress politisi dan pembesar di negara ini selalu di penuhi rasa tidak percaya terhadap mereka.

Momentum seperti ini merupakan angin segar  terutama bagi mereka yang biasa memanfaatkanya untuk di jadikan lahan uang, jadi korupsi yang tidak di ketahui pun (saya nggak menyebut “tidak ada” tetapi tidak di ketahui) terpaksa di ada-adakan, motifnya macam-macam, bagi media umum yang punya basis politisi ini merupakan angin segar untuk menggoreng bahan yang kemudian di gunakan untuk menjatuhkan lawan politik sang, dan sebagainya.

Tapi adalah sebuah ketidakwajaran ketika ada sebuah pemberitaan yang mengetahui seluruh sisi kehidupan tokoh politik, pengusaha, dan seluruh pembesar di negara ini tanpa cela, kecuali media tersebut punya wartawan dari dunia gaib yang di tugasi menguntit setiap pergerakan tokoh politik, mulai dari bangun tidur, sarapan, kerja nongkrong di sana-sini sampai tidur lagi. anda percaya hal ini..? saya tidak begitu yakin kalau mereka punya kekuatan supranatural.

Pada suatu kesempatan mereka pernah mengeluarkan statement menarik soal intelejen, dan mereka mengakui jika komplotan mereka mempunyai ribuan intelejen yang menyebar di seluruh elemen organisasi, politik dan perusahaan, sehingga informasi yang mereka dapatkan itu valid karena langsung bersentuhan dengan objek pesakitan yang akan mereka acak-acak. Wow! Sebuah pengakuan yang menarik, tetapi saya tidak percaya sepenuhnya dengan statement yang model begini.

Anda tidak perlu punya intelejen untuk dapat mendapatkan informasi menarik yang nantinya akan anda jadikan karangan yang menarik selama anda punya 2 kekuatan sakti. Apa itu..? kekuatan itu adalah “internet” dan “imajinasi”.

Ada banyak hal yang bisa anda ketahui di internet, anda bisa membaca biografi banyak tokoh penting dan segala macam latar belakang keluarga, pekerjaan hingga perkembangan terbaru tentang tokoh-tokoh tersebut, menyimak dunia maya membuat anda berwawasan, sehingga banyak informasi yang dapat di jadikan bumbu cerita, so tak perlu pakai intelejen anda akan tau banyak hal di dunia maya

Jadi saya yakin jika @triomacan2000 tidak punya intelejen, tidak pula kenal dengan pejabat dan rekanan yang sering di bicarakan, mereka hanya mengutip beberapa media dan menyadur kembali nama-nama tersebut dalam sebuah kronologis cerita yang di reka-reka dengan bahasa politis sehingga membuat kisah-kisah tersebut seolah terjadi, dan sekali lagi mereka sudah memperhitungkan psikologi pembacanya. Oh iya, @triomacan2000 juga mempelajari siapa korbannya, latar belakang keluarga dan pekerjaanya, rekan-rekan korbanya dan hal yang detail lain, yang menarik untuk di jadikan bumbu cerita yang akan di masak dan di sajikan ke publik.

Soal imajinasi, saya sangat yakin sebagian dari kita sangat suka menonton film, kita tau jika film di televisi atau bioskop itu bohongan tapi toh anda suka, anda sering tenggelam dalam ceritera yang di karang sang sutradara, sehingga tokoh, alur cerita semua dalam film fiksi tersebut tertanam kuat di benak anda so anda suka film apa..? legenda..? horor..? atau action..? apapun film yang anda sukai pastilah ada genre film yang membuat anda di permainkan secara psikologis untuk larut dalam adegan demi adegan.

Memang tidak dapat di pungkiri, saya yakin mereka memiliki banyak kolega dalam dunia politik dan mungkin juga rekanan yang bekerja pada perusahaan-perusahaan besar, tetapi mereka semua itu bukan intelejen, hanya rekan yang bekerja dan tau sedikit tentang orang-orang dalam lingkungan kerja mereka, toh bumbu-bumbu yang sedikit ini gampang untuk di buatkan masakan cerita yang mematikan yang bertujuan mendiskreditkan sasaran mereka. Why not..? masyarakat suka gossib bukan..? masyarakat suka hal-hal yang mengejutkan bukan..? dan silahkan nikmati pertunjukan cerita, dan mereka yang menyutradarai di balik layar,  anda penontonya dan tokoh yang mereka bully merupakan aktor pesakitanya.

Oh iya, bisa jadi mereka punya tujuan komersil lain karena mereka berhasil membangun opini kuat dalam masyarakat melebihi media resmi yang legal, hal ini bisa di manfaatkan oleh pihak tertentu untuk memanfaatkanmereka sebagai “pembunuh bayaran” dunia maya yang di gunakan untuk menghabisi lawan pihak tersebut untuk di habisi berkali-kali, menamatkan karir dan membuat stigma yang negatif mengenai seseorang, dan lalu sejumlah uangpun berbicara.

Dari sekian banyak sutradara di belakang layar akun @triomacan2000, saya meyakini mereka mengoperasikan akun tersebut rata-rata menggunakan gadget, entah itu blackberry, android ataupun i pad, twitter berbeda dengan facebook yang mempunyai ruang pandang lebih luas, twitter punya tampilah lebih minimalis sehingga mengoperasikan twitter kurang sedap jika menggunakan tampilan layar PC, di tambahi ada beberapa tweet mereka yang menggunakan bahasa singkatan pada kata-kata yang biasanya tak harus di singkat.

saya paham tweeter punya keterbatasan jumlah kata untuk penulisan statusnya, tetapi untuk statement yang hanya makan 10 kata kenapa masih ada kata yang di singkat..? kebiasaan penyingkatan seperti ini sama dengan kebiasaan menulis sms yang memanfaatkan jumlah huruf yang bisa di tulis dalam message service sebuah handphone, atau mungkin saja admin merasa terburu-buru untuk menyampaikan sesuatu dengan i-padnya karena mereka biasa menulis tweet di tempat umum seperti kafe atau sejenisnya, dan mereka berpikiran “yang penting pesan sudah di sampaikan”.

Okelah, saya tak ingin banyak-banyak menulis argumen tentang akun anonim yang tak punya kejelasan seperti ini, toh apa untungnya, setidaknya saya hanya ingin sedikit memberi saran buat audiens, khalayak ramai atau netizen yang suka menyimak berita-berita di internet dengan seksama agar kita harus lebih bijak lagi menyikapi pemberitaan yang simpang siur berkeliaran kesana kemari di dunia maya. banyak tujuan pemberitaan tersebut, seperti ingin menjatuhkan seseorang agar tidak di percaya, mendorong opini publik untuk berorientasi tertentu kepada tokoh target yang di serang, hingga tujuan-tujuan kriminil seperti pemerasan dan intimidasi.

Anda bukan orang yang hidup di jaman pasca kemerdekaan yang gampang di provokasi bukan..? saya yakin anda cerdas. Kalau anda cerdas anda akan memilah-milah konsumsi berita yang kadarnya lebih berimbang ketimbang gampang percaya dengan akun di internet yang tidak jelas latar belakangnya. Sebenarnya netizen harus kritis, jika menerima informasi yang kurang jelas, apakah berita tersebut masuk akal atau tidak.

Dan yang pasti Kalau anda mudah percaya dengan berita yang kurang jelas, berarti anda termasuk orang yang suatu saat gampang di tipu. so dimana-mana “penipu itu sukses meyakinkan korbanya sehingga korbanya banyak yang tertipu, lalu mereka mengambil keuntungan dari sana”.

Lalu apa sikap kita dengan adanya akun yang istilahnya “sok jagoan” seperti itu..? kalau saya sih membiarkanya, tetap menyimak tetapi anggap saja mereka memberikan tontonan khayalan gratis, sama seperti tontonan yang anda tonton di bioskop, nikmati aja keseruan yang mereka berikan, tetapi tetap bersikap kritis. Di mana-mana tontonan itu sifatnya hanya fantasi, nggak nyata. ada sutradara, ada aktornya dan ada produsernya.

Iklan
Tinggalkan komentar

5 Komentar

  1. Dulu saya mengikuti akun trio macan 2000 ini. Sempat termakan juga. Saya begitu mudahnya percaya dengan twit2nya. Untungnya saya juga mengikuti akun2 lain yang kritis. Saya pun unfollow akun itu entah sejak kapan. Beruntunglah saya tidak lagi mengikuti akun2 yang gemar fitnah dan memprovokasi.

    Balas
    • sekali-sekali di simak nggak apa-apa, buat di nikmati aja, seru-seruan gitu, mirip2 nyimak dongen horror gitu. but keep it believe “horror isnt true!”

      Balas
  2. Saya bahkan baru tau ada akun bernama triomacan2000,,, hihihi,, ke laut saya ya selama ini?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: