mereka yang telah banyak berubah

semuanya hanya tinggal kenangan

Mungkin saya sudah sangat jarang punya atensi yang baik dengan skena musik di tahun-tahun belakangan ini, bahkan playlist yang saya punya di laptop hanya mengkoleksi track punk rock dan modern rock dekade tahun 90an, nyaris tak ada track baru dari band jaman sekarang.

Tren musik drastis menurun, tak ada yang spesial entah karena memang jaman sudah berubah dan mungkin memang musik yang seru sudah mulai di tinggalkan, atau memang saya sendiri yang kurang begitu menyukai skena anak jaman sekarang. Memang di akui beberapa band lokal memang bagus, tetapi saya terlalu tua untuk musik yang terlalu kreatif di kuping

Bagi saya sendiri saya sudah merasa kecewa dengan penurunan selera musik di mana ketika blink 182 merilis album “feeling this” dan greenday dengan american idiot-nya, saat itu trend musik populer mengubur serunya masa-masa di mana musik punk rock juga modern rock.

Blink182 dan greenday merupakan dua ikon band punk pop yang dulunya membuat musik punk yang dulunya identik dengan sebuah gaya non mainstream yang penuh perlawanan menjadi musik lebih di kenal luas, dua band ini tumbuh dari gigs-gigs indie yang rata-rata penampil lain juga band punk, yang lalu kemudian musik yang mereka bawakan di tarik oleh label yang lebih besar.

Bergabung dengan label yang besar tentu punya konsekuensi bagi band-band yang tumbuh dalam komunitas indie-scene seperti ini, band yang bergabung dengan major label di anggap sudah melacurkan diri kepada pihak pemodal untuk rela di dandani sesuai kebutuhan pasar.

Bukan hal yang buruk, kemunculan band punk ke dunia musik di sambut luar biasa oleh penikmatnya, musik punk punya posisi tawar yang tinggi, tidak kalah dengan hip hop ataupun rock, sehingga dengan munculnya band-band ini ke permukaan, siapapun bisa menikmati musik mereka, toh yang tak suka dengan musik punk pun ikutan mengidolakan band-band ini.

Tapi ketika semakin banyak yang mengidolakanya justru lama-kelamaan identitas mereka pun ikut-ikutan berubah sesuai dengan berubah ubahnya trendsetter yang muncul. Bermusik untuk di jual merupakan ide yang bukan begitu baik untuk band yang dulunya tumbuh dalam komunitas punk,

Sebenarnya tak masalah seberapa jauh band-band ini di gandrungi remaja hingga sering tampil dalam panggung musik pop ataupun terdomestikasi menjadi seperti apapun, selama musik yang mereka suguhkan dari album ke album masihlah mencerminkan karakteristik mereka di mana mereka tumbuh. Tetapi faktanya banyak band punk rock yang kelamaan di dunia populer hanya menjelma menjadi musisi rock biasa

Menyedihkan sekali ketika band punk yang anda kenal dulu karena track-track yang asik di kemudian hari harus menjadi band rock biasa yang di publish media, majalah musik dan gitar, di ungkit kehidupan pribadinya yang mewah dan lain-lain.

dulunya blink182 itu band skate punk paling asik,  Mark Hoppus dan Tom Delonge punya peran besar memperkenalkan kultur skateboard bahkan di indonesia, track-track mereka pada dekade 90an hampir semuanya keren buat di simak seperti dumpweed, josie, m&ms, alien exist dan lainya, dan sampai rilisan seru terakhir mereka yang menjadi rilisan terakir di mana blink182 masih menjadi band keren,

Album take off your pant and jacket band ini masih membawakan musik skate-punk yang tak kalah seru di kuping, sampai akhirnya entah kenapa di album selanjutnya band ini merilis album yang entah apa aliran musik yang di bawakannya. Entah bagaimana perasaan mereka ketika membawakan track seperti “i miss you” atau “all of this” dan hampir semua track dalam album ini mengecewakan

perubahan musik Blink182 bermula ketika terjadi konflik antara Tom Delonge dan Travis Barker, di saat itu Tom lebih memilih untuk bermusik dengan Angel and Airwaves dan travis juga memulai fokus barunya the Transplant bersama Skinhead Rob dan Tim armstrong dari Rancid, lalu di tambah mark juga membuat band baru +44. Dan masing-masing band dari ketiga personel blink182 ini merilis album dan sibuk dengan tournya masing-masing. Lalu kemudian blink182 terancam bubar

Memang band ini sudah mulai kehilangan arwahnya sudah sejak lama, ketika Scott Raynor memutuskan untum keluar dari band dan di gantikan oleh Travis Barker, gaya bermusik Travis berbeda dengan Scott walau Travis memang dapat beradaptasi dengan baik dengan band dan bahkan di kemudian hari Travis berhasil menjadi ikon Blink182. Tetapi dengan gaya bermain drum yang berbeda lama kelamaan Blink182 berubah perlahan-lahan secara musikalitasnya.

Lalu hal sama terjadi pada greenday, mereka sudah lebih dahulu bermusik daripada blink182, band ini sudah memulai debut sebagai band sejak 1986, bermula dari gigs ke gigs secara indie hingga pada akhirnya merilis album dan merangkak naik ke dunia musik di tahun 90an

Greenday banyak memproduksi album bagus, bahkan album warning yang rilis tahun 2000 merupakan album yang paling bagus, bukan hanya sebagai band punk rock tapi sebagai rockstar yang tracknya banyak di putar di mtv. Hampir semua track dalam album ini berkesan terutama buat saya sendiri.

Tapi pada tahun 2004 kekecewaan saya dan mungkin semua penggemar mereka muncul ketika mereka merilis american idiot, sama seperti blink182, band ini mulai kehilangan arah, dan seolah lupa bagaimana caranya bermusik. Band yang dulunya di kenal besar dengan musik khas punk rocknya kini tak ubah menjadi sebuah band rock biasa yang menjadi popstar dari panggung ke panggung hiburan komersil, di tambah aksi billy joe dengan embel-embel influence gitarnya dan sponsorship lain.

Sangat menyakitkan melihat penampilan Billie Joe, Mike Dirnt dan Tree Cool dengan penampilan barunya yang serba hitam, dengan riasan wajah bukanlah penampilan terbaik dari greenday, entah apa yang mereka pikirkan di usia yang tidak muda lagi tetapi mereka malah berpenampilan seperti seseorang yang mau pergi ke pesta kostum halloween.

Beruntung di dunia ini sebuah karya seni tak akan pernah mati dan selalu terabadikan, setidaknya bagi kami yang pernah besar dan menghabiskan masa remaja di periode 90an dan dulunya akrab dengan musik – musik keren dari band yang benar – benar jujur bermusik.

Jaman memang berubah tetapi track-track dan album mereka di masa-masa keemasan punk rock populer masih tersimpan dalam folder-folder berikut beberapa video hasil download dari youtube yang selalu manis untuk di kenang, di mana saya belajar menyukai musik saya sendiri, belajar untuk punya berpenampilan yang berbeda menabung untuk membeli kaset band-band ini, kasetnya sudah hilang, dulu saya sempat mengkoleksinya, tetapi renovasi rumah saya merubah semua barang yang ada, entah kemana sekarang bangkai kaset yang mungkin tak terpakai tetapi punya nilai historis yang sangat berharga lenyap. Dan dengan lenyapnya koleksi kaset saya bersamaan dengan itu hilang pula corak musik band-band yang dulunya saya idolakan ini.

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: