why must wayne…? (1965 – 2014)

"Saw III" Special Screening After Party Featuring Static X and Hydrovibe

wayne static RIP 1965-2014)

Sebetulnya kurang percaya ketika dalam sebuah laman facebooknya, Wayne static si pentolan statix-x itu di kabarkan meninggal tanpa sebab pasti, mungkin pada saat yang ama banyak fans yang menganggap berita yang muncul di lama facebook itu sekedar hoax karena berita tersebut mulanya terupdate hanya pada fanspage facebook wayne dan belum ada berita yang pasti yang muncul via mesin pencari google yang di publish di saat yang sama

Tetapi yang meyakinkan dalam catatan profil wayne di wikipedia, pada hari yang sama terupdate tanggal wafat sang rockstar, tepat beberapa jam setelah berita tentang wafatnya wayne static mulai di sebarkan di media sosial ya ternyata benar wayne static ternyata telah benar-benar telah meninggal. Belum ada sebab yang jelas mengapa di usia yang masih produktif untuk seorang musisi yang harusnya bisa menjadi legenda dengan gaya rambut menantang tuhan ini

Wayne static seorang vokalis dan gitaris sebuah band industrial metal static-x yang sudah berkarir sejak tahun 1993 lewat album death winconsin trip sebuah band industrial metal, semua metalhead rata-rata tau dengan band ini banyak yang menggilai tetapi tak banyak juga yang mencibir. Kemunculan modern rock dan indutrial metal memang nggak sepenuhnya di terima para metalhead senior yang banyak membandingkan musik industrial dengan musik metal tahun 80an yang lebih punya gaya heavy.

Tentu beda, musik industrial merupakan sub genre metal yang muncul seiring perkembangan jaman, musik-musik modern rock muncul memang tidak asal berisik dan keras, tetapi punya ritme yang lebih teratur dan lebih sering di terima kuping lebih umum sehingga di gemari oleh kalangan yang lebih muda atau remaja di tahun 90/2000an

modern metal memang tidak sepenuhnya mati, walau rata-rata bertranformasi jadi banyak genre alternatif seperti halnya deftones, wayne static yang di tinggalkan personel band dalam static-x dan mulai berganti-ganti personel sampai pada akhirnya sang frontman ini harus solo karir dengan musik yang sama.

Oh ya, kita flashback! Buat yang masih ingat penampilan wayne pada video kolaborasi dengan linkin park dan the ecutioners dalam track “its goin down”, wayne static mengisi gitar dalam track ini dan muncul dalam video. Tetapi sayangnya meskipun mengisi ritme gitar dalam track dan bahkan muncul dalam video nama wayne tidak serta merta di cantumkan dalam nama kolaborasi, yang muncul dalam video dan single hanya linkin park bersama the ecutioners

Wayne tidak merubah penampilah penampilannya selama belasan tahun bahkan sampai dia memutuskan untuk solo karir , nu metal memang perlahan sirna di makan jaman, keperkasaan musik yang mengkandaskan dominasi klassik rock itu pun ikut menghilang di tengah mewabahnya virus band pop di sana-sini , sehingga band-band industrialis metal mulai perlahan kehilangan panggung sehingga menyebabkan banyak band yang bubar.

Udah mulai keciuman aroma keretakan dalam tubuh static-x ketika wayne dan tony camposs masing-masing sudah tidak ada kesesuaian dalam bermusik, wayne pun memulai debut solonya dan merilis album side project pighammer , sebuah project yang sudah di mulai sejak tahun 2007 tetapi album baru di rilis tahun 2011, di sini wayne menggunakan jasa additional untuk mengisi masih-masing line up band solo ini. dan bagi fans static-x pun sudah merasa kecewa ketika line up static-x yang muncul dalam Noise revolution tour di 2012 menggunakan personil yang sama dengan line up solonya wayne static.

Akhirnya wayne menyatakan bahwa static-x sudah benar-benar bubar pada juni 2013 dan wayne akan benar-benar eksis secara full dengan band solonya yang kemudian tetap menyelesaikan tour di amerika dengan Powerman 5000 dan american head change.

Lalu selanjutnya terjadilah hari yang mengejutkan bagi kami para fans, tepat tiga hari menjelang hari ulang tahunya yang ke 49, di bulan november 2014 wayne di temukan telah meninggal dunia di kamarnya , tak sedikit yang berspekulasi bahwa wayne telah banyak mengkonsumsi obat obatan terlarang (drugs) sehingga overdosis, tetapi berita tersebut di bantah oleh keluarganya.

Why must wayne…? static-x bubar dan fans nu-metal yang tersisa di seluruh dunia juga harus terpaksa di tinggal oleh musisi-musisi berkualitas yang karya-karyanya penuh kenangan mengisi masa remaja yang nakal-nakalnya. Wayne dan musiknya tidak hanya unik . tetapi inilah kehidupan, dan hidup memang sementara, tetapi sebuah karya seorang seniman dan musisi akan tetap abadi. Rip Wayne Richard Wells (1965-2014)

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: